mengapa para pemuda belum puas dengan perkembangan organisasi pergerakan kebangsaan di Indonesia sebelum tahun 1928

mengapa para pemuda belum puas dengan perkembangan organisasi pergerakan kebangsaan di Indonesia sebelum tahun 1928!

Jawaban

Para pemuda belum puas dengan perkembangan organisasi pergerakan kebangsaan di Indonesia sebelum tahun 1928 karena, organisasi sebelum tahun 1928 masih mementingkan golongan dan kesukuan sendiri-sendiri, sehingga tidak bisa bersatu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pembahasan:

Pada abad ke-20, bangsa Indonesia mengalami kebangkitan nasional. Pada masa ini, mulai muncul organisasi modern dan lembaga-lembaga pendidikan yang mengadopsi pemikiran modern dari bangsa Barat. Perkembangan organisasi modern ini dipengaruhi oleh munculnya kalangan berpendidikan modern dari Indonesia akibat politik etis, dan pengaruh luar seperti kemenangan Jepang atas Russia pada perang tahun 1905 yang memberikan rasa percaya diri bagi bangsa-bangsa Asia.

Organisasi yang tumbuh pada masa ini misalnya adalah Budi Utomo (berdiri tahun 1908), Sarekat Islam (1911), Muhammadiyah (1912), Jong Minahasa (1919) dan Nahdlatul Ulama (1926).

Organisasi-organisasi pergerakan kebangsaan yang awal berdiri ini masih berorientasi kepada pergerakan dalam golongannya sendiri-sendiri. Misalnya, Budi Utomo bergerak di bidang kesejahteraan dan kerjasama kaum priyayi (bangsawan), sementara Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama bergerak dibidang sosial kemasyarakatan di antara umat Islam.

Organisasi ini juga sebelum tahun 1928 belum bisa menghasilkan hasil yang nyata dalam perjuangan mendapatkan kemerdekaan dari Belanda.

Karena itu, terlaksananya Kongres Pemuda pada tahun 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda, adalah tonggak penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda mengarahkan organisasi-organisasi yang sebelumnya memiliki tujuan sendiri-sendiri ini sehingga menjadi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment