Sebutkan keberhasilan program-program pemerintah orde baru dalam bidang teknologi

Sebutkan keberhasilan program-program pemerintah orde baru dalam bidang teknologi!

Jawaban

Di balik kelamnya era Orde Baru, pemerintahan Presiden Soeharto justru mampu mewujudkan cita-cita Indonesia memiliki satelit sendiri. Tepatnya pada 8 Juli 1976, satelit pertama Indonesia diluncurkan dari Kennedy Space Center, Tanjung Canaveral, Amerika Serikat.

Di satu sisi, pemerintah juga menyadari jika mega proyek ini tidak akan mampu diwujudkan sendirian. Mulailah dibentuk sebuah kerjasama dengan Hughes Space and Communication Inc. (Boeing Satellite Systems) untuk mewujudkan satelit geostasioner domestik pertama di Asia.

Hughes menerapkan teknologi paling mutakhir di masanya untuk merancang Satelit Palapa. Perusahaan asal Amerika Serikat ini bahkan mengakui teknologi yang diterapkan untuk mengerjakan Palapa generasi A sama persis dengan dua satelit yang lebih dulu mengorbit milik Amerika Serikat dan Kanada, yaitu Westar dan Anik.

Di luar ekspektasi, Satelit Palapa ternyata mempunyai keunggulan lain. Kekuatan sinyalnya mampu menjangkau beberapa negara tetangga. Sebut saja, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Tak ayal, keberhasilan mengorbitkan Satelit Palapa ini dianggap menjadi lompatan teknologi luar biasa yang pernah dilakukan Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment