Menurut pendapat kalian bagaimana strategi kedatangan bangsa Barat dalam menguasai sumber daya alam Indonesia?

Menurut pendapat kalian bagaimana strategi kedatangan bangsa Barat dalam menguasai sumber daya alam Indonesia?

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah memaksakan sistem monopoli dan melakukan penaklukan wilayah dengan peperangan serta menggunakan siasat devide et impera.

Yuk disimak penjelasannya.

Rempah-rempah menjadi awal mula datangnya bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara atau Indonesia. Kedatangan mereka berambisi untuk berburu dan menguasai rempah-rempah dengan menjajah Nusantara. Karena rempah-rempah yang dimiliki Indonesia sangat melimpah, ada diberbagai wilayah.

Strategi yang mereka gunakan diawali dengan membeli rempah-rempah kemudian mulai memaksakan sistem monopoli dan melakukan penaklukan wilayah dengan peperangan serta menggunakan siasat devide et impera.

Jadi, strategi kedatangan bangsa Barat dalam menguasai sumber daya alam Indonesia adalah memaksakan sistem monopoli dan melakukan penaklukan wilayah dengan peperangan serta menggunakan siasat devide et impera.

Pertanyaan Serupa :

Kerajaan ini terletak tidak jauh dari pantai Utara Jawa Barat. Berdasarkan prasasti yang ditemukan, letak pusat kerajaan kira-kira antara sungai citarum dan sungai cisadane. kemudian berdasarkan prasasti tugu, purbacaraka memperkirakan pusatnya ada di daerah Bekasi. Nama kerajaan tersebut adalah…

a. kerajaan tarumanegara
b. kerajaan kutai
c. kerajaan sriwijaya
d. kerajaan majapahit

Jawaban

Jawaban yang benar adalah A. Kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu yang berada di Pulau Jawa tepatnya berada di Sungai Citarum dan Sungai Cisadane. Kerajaan Tarumanegara didirikan pada abad ke-5 Masehi oleh Maharesi Jayasingawarman yang berasal dari India. Kerajaan Tarumanegara mencapai puncak kejayaannya ketika masa pimpinan Purnawarman.

Pada masa pemerintahan Purnawarman, luas Kerajaan Tarumanegara diperluas dengan menaklukan kerajaan-kerajaan yang berada disekitarnya. Tercatat luas Kerajaan Tarumanegara saat itu hampir sama dengan luas daerah Jawa Barat sekarang.

Bukti Kerajaan Tarumanegara adalah prasasti Ciaruteun, prasasti Tugu, prasasti Kebon Kopi, prasasti Pasir Awi, dan prasasti Jambu.

Berdasarkan ilustrasi soal, nama kerajaan yang dimaksud adalah Kerajaan Tarumanegara.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment