jelaskan tujuan serikat dagang islam berubah menjadi serikat islam!

jelaskan tujuan serikat dagang islam berubah menjadi serikat islam!

Jawaban

Sarekat Dagang Islam diubah menjadi Sarekat Islam karena bertujuan agar keanggotaan organisasi tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, namun juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Awalnya, Sarekat Islam adalah organisasi dagang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh K.H Samanhudi pada 16 Oktober 1905. Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama antara pedagang Islam untuk memajukan kesejahteraan pedagang Islam Indonesia. Selain itu, Samanhudi juga ingin meruntuhkan dominasi pedagang etnis China di sektor perekonomian Indonesia.

Pada tahun 1912, H.O.S Tjokroaminoto mengubah nama organisasi Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam dengan tujuan agar keanggotaan organisasi ini tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, namun juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Dengan demikian, tujuan Serikat Dagang Islam berubah menjadi Serikat Islam agar keanggotaan organisasi tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, tetapi juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Pertanyaan Serupa :

ken arok berhasil menjadi raja dengan gelar sri rangga rajasa batara amurwabumi dengan mendirikan dinasti….

Jawaban

Jawaban : Rajasawangsa atau Girindrawangsa

Pembahasan !

Pendiri Kerajaan Singasari ialah Ken Arok yang menjadi Raja Singasari dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Munculnya Ken Arok sebagai raja pertama Singasari menandai munculnya suatu dinasti baru, yakni Dinasti Rajasa (Rajasawangsa) atau Girindra (Girindrawangsa).

Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun (1222–1227). Kemudian pada tahun 1227, Ken Arok dibunuh oleh seorang suruhan Anusapati alias anak tiri Ken Arok sendiri. Ken Arok dimakamkan di Kegenengan dalam bangunan Siwa–Buddha.

Dengan demikian, dinasti tersebut adalah Rajasawangsa atau Girindrawangsa

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment