Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah

Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah….

a. Keinginan golongan muda kepada golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
b. Kekalahan Jepang atas sekutu
C. Kesepakatan penentuan waktu proklamasi
d. Kekosongan kekuasaan Indonesia

Jawaban

Jawabannya adalah a. Keinginan golongan muda kepada golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta yang terjadi sehari sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Peristiwa ini mempunyai keterkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok ialah karena adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua terkait proklamasi kemerdekaan.

Pada saat itu, golongan muda menginginkan Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia karena Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Tetapi, golongan tua menentangnya. Hal ini karena masih mempertimbangkan banyak hal seperti keamanan.

Jadi jawaban yang benar adalah a. Keinginan golongan muda kepada golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

Pertanyaan Serupa :

Jelaskan periodisasi sejarah perkembangan bumi secara geologis

Jawaban

zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum, zaman Neozoikum.

Yuk pahami penjelasannya.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan berdasarkan komposisi, struktur, sejarah, sifat, dan proses pembentukannya. Sehingga periodisasi sejarah secara geolgis, didasarkan pada lapisan bumi yang ditemukan. Urutan periodisasi secara geologi diantaranya adalah

1. Zaman Arkaekum
2. Zaman Paleozoikum
3. Zaman Mesozoikum
4. Zaman Neozooikum.

Dengan demikian, periodisasi sejarah perkembangan bumi secara geologis diantaranya adalah zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum, zaman Neozoikum.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment