lsi program European Economic Community (MEE) adalah

lsi program European Economic Community (MEE) adalah…

(1) menetapkan pasaran bersama untuk batu bara dan baja antara Jerman dan Prancis pada 1954
(2) menetapkan perluasan anggota MEE pada 1958.
(3) menetapkan kerja sama regional dalam bidang ekonomi dan moneter yang meliputi negara Prancis, Jerman Barat, dan Belgium-Netherland Luxemburg (BENELUX) pada 1957.
(4) menetapkan kerja sama dalam bidang ekonomi yang mencakup negaranegara Uni Soviet, Amerika Serikat, dan lnggris pada 1973.

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.
B. 1 dan 3 SAJA yang benar.
C. 2 dan 4 SAJA yang benar.
D. HANYA 4 yang benar.
E. SEMUA pilihan benar.

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

MEE atau Masyarakat Ekonomi Eropa atau European Economic Community ialah organisasi kerjasama ekonomi secara regional pada negara-negara di kawasan Eropa yang terbentuk pada tahun 1957.

Latar belakang pembentukan MEE yakni dengan adanya kondisi ekonomi dan politik negara-negara Eropa pasca Perang Dunia II yang mengalami perpecahan dan kekacauan. Selain itu pula masyarakat di negara Eropa menginginkan sebuah kerjasama ekonomi dan politik guna meningkatkan kesejahteraan dan perdamaian Eropa.

MEE sendiri tidak terlepas dari peranan The Six State yakni yang terdiri dari Prancis, Jerman Barat, Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Italia. Keenam negara tersebut melakukan pertemuan pada tanggal 1 Juni 1955 dengan menunjuk Paul Henry Spaak (Menlu Belgia) sebagai ketua komite yang harus menyusun laporan tentang kemungkinan kerjasama ke semua bidang ekonomi.

Adapun isi program dari MEE ialah :

1. Menetapkan pasaran bersama untuk batu bara dan baja diantara negara Jerman dan Perancis pada tahun 1954.
2. Menetapkan perluasan anggota MEE pada tahun 1958.
3. Menetapkan kerja sama regional dalam bidang ekonomi dan moneter yang meliputi negara Prancis, Jerman Barat, dan Belgia-Netherland Luxemburg (BENELUX) pada 1957.

Dengan demikian, isi program European Economic Community (MEE) ialah menetapkan pasaran bersama untuk batu bara dan baja diantara negara Jerman dan Perancis pada tahun 1954, menetapkan perluasan anggota MEE pada tahun 1958 serta menetapkan kerja sama regional dalam bidang ekonomi dan moneter yang meliputi negara Prancis, Jerman Barat, dan Belgia-Netherland Luxemburg (BENELUX) pada 1957.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment