Pengertian dari diakronis dalam sifat ilmu sejarah adalah

Pengertian dari diakronis dalam sifat ilmu sejarah adalah ….

a. topik yang dibahas dalam sejarah harus berkesinambungan antara sekarang dengan masa lampau
b. topik sejarah mengandung history yang sesuai dengan fakta yang ada
c. topik yang dibahas dalam sejarah adalah peristiwa yang melintasi waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan
d. topik yang dibahas dalam sejarah memiliki hubungan antara masa dulu dan masa yang akan datang
e. semua yang dibahas merupakan fakta sejarah

Jawaban

Jawabannya C. topik yang dibahas dalam sejarah adalah peristiwa yang melintasi waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Secara etimologis, diakronis berasal dari kata diakronik atau “diachronich”. Diakronik terdiri dari dua kata, “dia” artinya melalui atau melampau dan “chronicus” yang artinya waktu. Sehingga diakronis didefinisikan melampaui waktu.

Dengan kata lain, diakronis adalah sesuatu yang melintas melalui atau melampaui batas waktu . Konsep diakronis mementingkan proses. Sejarah akan membicarakan peristiwa tertentu yang terjadi pada suatu tempat tertentu sesuai dengan urutan waktu terjadinya.

Melalui diakronis, sejarah berupaya menganalisis sesuatu dari waktu ke waktu yang memungkinkan seseorang untuk menilai bahwa perubahan itu terjadi sepanjang masa.

Jadi, pengertian diakronis dalam soal ditunjukkan oleh peristiwa sejarah dibahas melintasi waktu, dari masa dulu, sekarang, dan masa depan.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment