kemerdekaan indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 agustus 1945,tidak langsung diakui oleh negara –negara di dunia termasuk pbb

kemerdekaan indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 agustus 1945,tidak langsung diakui oleh negara –negara di dunia termasuk pbb, meskipun secara langsung pbb memang belum mengakui kemerdekaan indonesia , namun pbb telah memberikan respon positif terhadap kemerdekaan indonesia, diantaranya yaitu….

Jawaban

Jawaban yang tepat mengenai respon PBB terhadap proses pengakuan negara Indonesia ialah dengan membentuk KTN.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, dimana pada saat itu keadaan vacuum of power terjadi di wilayah Indonesia. Jepang yang mengaku kekalahan dari Sekutu, sehingga negara-negara pemenang Perang Dunia mulai berdatangan ke Indonesia.

Meskipun demikian, warga Indonesia berupaya untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih. Adapun hal penting yang dapat dilakukan ialah memperoleh pengakuan internasional. Salah satunya ialah PBB, dimana meskipun tidak secara langsung, PBB memberikan respon positif terhadap kemerdekaan Indonesia terlebih ketika konflik Indonesia dengan Belanda mencuat kembali setelah Agresi Militer I pada tahun 1947.

PBB membentuk Komisi Tiga Negara atau KTN yang beranggotakan Belgia, Amerika Serikat, dan Australia. KTN ini kemudian menjadi pihak yang memediasi kedua negara yang berkonflik dalam Perjanjian Renville.

Dengan demikian, respon PBB terhadap proses pengakuan negara Indonesia ialah dengan membentuk KTN.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment