Salah satu cara untuk bisa masuk dalam keluarga kerajaan dan menyebarkan agama dilingkungan keraton adalah

Salah satu cara untuk bisa masuk dalam keluarga kerajaan dan menyebarkan agama dilingkungan keraton adalah ….

Jawaban

Salah satu cara untuk bisa masuk dalam keluarga kerajaan dan menyebarkan agama dilingkungan keraton adalah mendekati dan mengambil hati raja sebagai penguasa tertinggi dan menikah dengan anggota keluarga kerajaan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Agama Hindu-Budha dan juga agama Islam merupakan agama pendatang. Agama atau sistem kepercayaan asli bangsa Indonesia adalah yang di anut oleh nenek moyang, yaitu animisme dan dinamisme. Agama Hindu-Budha datang dari India, dan agama Islam datang dari Timur Tengah, keduanya datang dan masuk melalui hubungan perdagangan dengan masyarakat Indonesia di pesisir.

Sehingga dapat dikatakan, masuknya Agama Hindu-Budha dan Islam tidak semata-mata merupakan sebuah misi, tapi berawal dari hubungan perdagangan. Dalam perkembangannya bukan hanya agama, tetapi budaya lain ikut bertukar dalam kegiatan tersebut.

Salah satu cara untuk bisa masuk dalam keluarga kerajaan dan menyebarkan agama dilingkungan keraton adalah mendekati raja sebagai penguasa tertinggi di wilayah/daerah. Jika dapat berhubungan baik atau dapat menarik hati raja, maka penyebarluasan agama di lingkungan keraton akan lebih mudah dan cepat.

Masyarakat Indonesia saat itu sangat patuh dan mengikuti apa yang raja perintahkan. Selain itu, dengan menikah bersama anggota keluarga kerajaan dapat memudahkan masuk ke keluarga kerajaan dan menyebarkan agama.

Dengan demikian, salah satu cara untuk bisa masuk dalam keluarga kerajaan dan menyebarkan agama dilingkungan keraton adalah mendekati dan mengambil hati raja sebagai penguasa tertinggi dan menikah dengan anggota keluarga kerajaan.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment