siapa dalang G30SPKI

siapa dalang G30SPKI?

Jawaban

Dalang gerakan 30 September / G30S adalah Partai Komunis Indonesia yang di pimpin oleh DN Aidit.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Peritiwa G30S/PKI merupakan aksi penculikan dan pembunuhan para perwira Angkatan Darat yang terjadi pada dini hari tanggal 30 September 1965. Aksi penculikan dan pembunuhan ini dilakukan di Lubang Buaya. Tujuan dari gerakan ini adalah mengganti Pancasila dengan Ideologi Komunis. Mereka yang menjadi korban antara lain Jenderal Ahmad Yani, Letjend Suprapto, Letjend M. T Haryono, Letjen S. Parman, Mayjend D. I Panjaitan, Mayjend Sutoyo, dan Lettu Piere Tendean. Setelah peristiwa itu, PKI dianggap sebagai pihak yang harus bertanggung jawab.

Pada masa revolusi, PKI menjadi salah satu kekuat:an politik yang berpengaruh dalam pemerintahan Republik Indonesia. PKI mampu menempatkan kader-kadernya untuk duduk dalam pemerintahan, salah satunya Amir Sjarifuddin. Bahkan, Amir Sjarifuddin pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia. PKI juga ingin menerapkan ideologi komunisnya di Indonesia. Akan tetapi, pada masa Kabinet Hatta golongan kiri (PKI) tersingkir dari pemerintahan. Kondisi tersebut terjadi karena pada masa Kabinet Hatta pemerintah mengurangi pengaruh kiri dalam tubuh angkatan perang. Sehingga terjadi konflik antara TNI AD dengan PKI. Ditambah lagi beredar kabar bahwa Presiden Soekarno kala itu sedang sakit dan PKI berencana melakukan upaya kudeta .

Dalam melancarkan gerakanya, PKI menghembuskan isu yang disebut dengan Dewan Jendral. Yaitu sebuah isu, yang mengatakan bahwa terdapat beberapa jendral TNI AD yang hendak melakukan kudeta pemerintah. Berbekal isu tersebut, PKI melaksanakan penculikan terhadap 7 jendral TNI AD dan menduduki beberapa tempat penting untuk mensukseskan kudetanya pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment