Kapan islam ada di indonesia

Kapan islam ada di indonesia ?

Jawaban

Ada beberapa teori sebenarnya, dan angka tahun mengenai keberadaan Islam di Indonesia disebutkan berbeda-beda. Namun berdasarkan teori Arab, Islam ada di Indonesia diperkirakan pada abad ke 7.

Yuk simak pembahasannya.

Kedatangan Islam ke Indonesia dapat terlihat dari beberapa bukti yaitu bersumber dari berita asing yang meliputi berita dari Cina, berita dari Portugis, serta berita dari Arab dan berita dari dalam negeri yang meliputi tinggalan islam diantaranya berupa nisan dan hikayat.
Teori-teori masuknya Islam di Nusantara meliputi:

  1. Teori Arab, berdasarkan teori ini Islam masuk ke Indonesia dibawa Bangsa Arab pada abad ke-7 dengan bukti peninggalan Kampung Arab di Pantai Barat Sumatra pada 672.
  2. Teori Gujarat, teori ini menyatakan bahwa Islam masuk pada abad ke-13 dibawa oleh orang-orang Gujarat. Dengan bukti diantaranya dengan adanya makam Malik As Saleh Samudra Pasai di Aceh yang diyakini bertahun 1297.
  3. Teori Persia, berdasarkan teori ini Islam ke Nusantara dibawa oleh Orang Persia pada abad ke-13. Buktinya yaitu adanya kebudayaan yang mirip kebudayaan Persia.
  4. Teori Cina, teori ini meyakini bahwa Islam masuk pada abad ke-9 dengan buktinya adalah perkampungan Cina muslim di selatan Palembang.

Sedangkan untuk salurannya sendiri ada beberapa, mulai dari perdagangan, pernikahan, pendidikan, kesenia, hingga tassawuf.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment