Kestabilan politik dan pertumbuhan ekonomi pada masa Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, relatif lebih baik

Kestabilan politik dan pertumbuhan ekonomi pada masa Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, relatif lebih baik. Akan tetapi terdapat banyak kebijakan dan keputusan politik yang cendrung menggagu kestabilan dan kemajuan bangsa dan negara. Kelemahan-kelemahan pemerintahan Orde Baru adalah…

a. Bertumbuh suburnya sikap Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.
b. Terbukanya kebebasan berpendapat pada kebijaan negara
c. Supremasi hukum terlalu ditegakan
d. Otonomi daerah tidak berjalan dengan baik
e. Keseimbangan keuangan daerah dan pusat sangat adil

Jawaban

Jawabannya adalah A.

Yuk simak pembahasannya.

Masa pemerintahan Presiden Soeharto lebih dikenal dengan pemerintahan Orde Baru berlangsung hingga 32 tahun lamanya, yaitu sejak tahun 1966 sampai 1998. Pemerintahan ini bertujuan untuk menata kembali kehidupan bangsa Indonesia dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam mencapai tujuannya, pemerintahan Orde Baru banyak melakukan berbagai penataan baik di bidang politik maupun di bidang ekonomi. Dalam beberapa hal, apa yang dilakukan oleh pemerintah sangat mendukung kemajuan masyarakat Indonesia. Walaupun demikian, Orde Baru memiliki kelemahan, yaitu:

  1. Meningkatnya kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme pada semua kalangan masyarakat.
  2. Pembangunan negara tidak merata, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembangunan pada pusat dan di daerah. Kekayaan daerah banyak digunakan untuk melakukan pembangunan pada pusat kota.
  3. Hak Asasi Manusia masih banyak dikekang, dan kekerasan banyak digunakan sebagai solusiuntuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Sebagai contoh, operasi rahasia Petrus (Penembakan Misterius).
  4. Banyak koran dan majalah yang dihentikan penerbitan dan peredarannya secara paksa, karena dianggap tidak sepaham dengan pemerintah sehingga menyebabkan kebebasan pers sangat terbatas.
  5. Terdapat kesenjangan sosial bagi si kaya dan si miskin, dimana orang kaya memiliki hak yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang miskin. Orang kaya lebih berkuasa.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment