kunci jawaban

Jelaskan perjuangan Ir. Soekorno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari balik Penjara

Jelaskan perjuangan Ir. Soekorno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari balik Penjara !

Jawaban

Perjuangan Ir. Sukarno dalam memperjuangkan kemerdekaan dari balik penjara, adalah menyusun pledoi yang berjudul Indonesia Menggugat, dimana isi pledoi tersebut adalah gambaran kondisi politik internasional dan keadaan rakyat Indonesia di bawah belenggu kolonialisme..

Yuk simak pembahasannya.

Pada tanggal 29 Desember 1929, Soekarno serta tiga rekan dari PNI, Maskoen, Soepriadinata, dan Gatot Mangkoepraja ditangkap di Yogyakarta dan kemudian dijebloskan ke penjara Banceuy selama kurang lebih 8 bulan. Di sinilah Soekarno menyusun pledoi atau pidato pembelaan yang sangat terkenal yang kemudian diberi nama Indonesia Menggugat.

Yang dibacakan di sidang pengadilan di Gedung Landraad (kini bernama Gedung Indonesia Menggugat yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan). Isi pidato Indonesia Menggugat adalah tentang keadaan politik internasional dan kerusakan masyarakat Indonesia di bawah penjajah.

Pidato pembelaan ini kemudian menjadi suatu dokumen politik menentang kolonialisme dan imperialisme. Pembelaannya itu membuat Belanda semakin marah sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, beliau bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan diasingkan ke Ende, Flores, pada tahun 1933. Empat tahun kemudian ia dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah menelan berbagai pil pahit, perjuangannya tidaklah sia-sia. Pada Agustus 1945 ia bersama Moh. Hatta dan tokoh nasional lainnya menyusun naskah proklamasi yang akhirnya dibacakan pada 17 Agustus 1945. Pembacaan naskah ini sekaligus mengukuhkan kedaulatan Republik Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :