Upaya pinjaman nasional, program ali-Baba,

Upaya pinjaman nasional, program ali-Baba,

Jawaban

Pinjaman nasional adalah uapaya pemerintah untuk mengisi kas negara dengan cara mengumpulkan uang dari masyarakat dalam negeri.

• sistem ekonomi ali baba adalah sistem yang di ciptakan oleh Iskaq Tjokrohadisurjo (menteri perekonomian kabinet Ali ) dengan tujuan memberikan kesempatan kerjasama antara pengusaha pribumi dengan masyarakat nusantara dalam mengelola sumberdaya yang ada.

Sistem ekonomi Ali Baba memiliki tujuan untuk memajukan perekonomian Indonesia. Dengan dilaksanakannya sistem seperti ini, pengusaha lokal memiliki kewajiban untuk memberikan latihan dan juga tanggung jawab kepada pekerja asal Indonesia, agar dapat menduduki jabatan-jabatan staf.

Kemudian pemerintah menyediakan kredit dan lisensi bagi usaha-usaha swasta nasional. Selain itu, pemerintah juga memberikan perlindungan bagi pengusaha lokal, agar dapat bersaing dengan pengusaha-pengusaha asing.

Bagaimana pelaksanaan sistem ekonomi Ali Baba? Ternyata terdiri dari 3 langkah berikut:

  1. Pengusaha non-lokal memiliki kewajiban untuk memberi pelatihan kepada tenaga-tenaga Indonesia agar dapat menduduki jabatan-jabatan staf di perusahaan negara;
  2. Pemerintah mendirikan perusahaan-perusahaan negara;
  3. Pemerintah memberikan kredit dan lisensi bagi usaha-usaha swasta nasional.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment