Mengapa negara adikuasa dalam perang dingin melakukan aksi pemberian bantuan ke negara-negara berkembang

Mengapa negara adikuasa dalam perang dingin melakukan aksi pemberian bantuan ke negara-negara berkembang?

Jawaban

Perang dingin merupakan sebuah persaingan ideologi atau suatu periode terjadinya ketegangan politik dan militer antara Dunia Barat, yaitu antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain. Amerika Serikat dan Uni Soviet ini disebut sebagai negara adikuasa.

Istilah negara adikuasa pertama kali digunakan untuk menggambarkan negara-negara dengan status kekuatan yang lebih besar pada awal tahun 1944, setelah Perang Dunia II. pada masa perang dingin negara-negara adikuasa saling memperebutkan pengaruh negara-negara lain khususnya negara-negara berkembang. Perebutan hegemoni tersebut dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan kekuatan ekomoni negara adikuasa dengan memberikan bantuan ekonomi terhadap negara-negara yang mau masuk kedalam blok barat atau timur. Adapun pemberian bantuan ekonomi negara adikuasa terhadap negara-negara berkembang tersebut ialah berupa program-program, diantaranya : Marshall Plan, Doctrine Truman, Point Four Thruman, dan Colombo Plan.

Dengan demikian, tujuan negara adikuasa dalam perang dingin melakukan aksi pemberian bantuan ke negara-negara berkembang adalah agar negara-negara berkembang dapat masuk ke dalam salah satu blok barat dan blok timur.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment