Sebab khusus meletusnya Perang Tondano I antara rakyat minahasa dengan VOC karena VOC menerapkan

Perlawanan Rakyat Tondano meletus tanggal 1 Juni 1661 dibawah pimpinan Kawengian, Wengkang, Gerungan, Nelwan, Tawaluyan dan Rumambi melawan pasukan VOC yang dipimpin Simon Cos. Sebab khusus meletusnya Perang Tondano I antara rakyat minahasa dengan VOC karena VOC menerapkanā€¦

a. Monopoli perdangan rempah-rempah
b. Monopoli perdagangan timah
c. Monopoli perdagangan kayu jati
d. Monopoli perdagangan beras
e. Menyebarkan agama katolik

Jawaban

Perang Tondano pertama ini, terjadi pada tanggal 1 Juni 1661. Perang ini merupakan kisah heroik yang dilakukan oleh rakyat yang bermukim di sekitar danau Tondano, tepatnya di sebelah selatan Kota Tondano sekarang ini yang dahulu disebut Minawanua, melawan pasukan kolonial Belanda. Boleh dikatakan perang pertama ini merupakan perang yang luar biasa. Sebab dilihat dari segi militer oleh pihak Belanda ternyata lawan mereka yang tergolong sebagai rakyat biasa/primitif yang berumah di atas air dapat menyiapkan infrastruktur perang yang demikian lengkapnya.

Perang ini bermula dari keingian dari VOC untuk berusaha memaksakan kehendak agar orang-orang Minahasa menjual berasnya kepada VOC. Oleh karena VOC sangat membutuhkan beras untuk melakukan monopoli perdagangan beras di Sulawesi Utara. Orang-orang Minahasa menentang usaha monopoli tersebut. Tidak ada pilihan lain bagi VOC kecuali memerangi orang-orang Minahasa.

Dengan Demikian, Jawabannya yang tepat adalah Opsi D. Monopoli Perdagangan Beras.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment