Jelaskan tentang proyek mercusuar

Jelaskan tentang proyek mercusuar

Jawaban

– AWAL MULA PROYEK MERCUSUAR

Dimulainya Proyek Mercusuar berawal dari ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games pertama tahun 1962. Untuk mendukung penyelenggaran Asian Games, maka lahirlah bangunan-bangunan yang menjadi Proyek Mercusuar Soekarno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Tujuan Soekarno membentuk Proyek Mercusuar adalah agar Indonesia mendapat perhatian dari dunia internasional. Saat itu, kondisi Indonesia tidak memiliki tempat untuk menyelenggarakan acara olahraga terbesar benua Asia yang diikuti 17 negara.

Namun, meski kondisi Indonesia tengah tidak mendukung dan sedang dilanda krisis keuangan, Soekarno tetap bersikukuh. Bagi Presiden Soekarno, momen Asian Games 1962 adalah sebuah bukti untuk dunia luar, bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain.

– PROYEK MERCUSUAR

Hanya dalam waktu empat tahun sejak pertunjukan Dewan Federasi Asian Games tanggal 25 Mei 1958, Presiden Soekarno merasa wajib untuk mewujudkan Jakarta agar dapat memberikan tampilan wajah Indonesia kepada dunia. Enam Proyek Mercusuar yang terealisasikan pada masa kepresidenan Ir. Soekarno yaitu:

1. Stadion Gelora Bung Karno
2. Hotel Indonesia
3. Monumen Selamat Datang
4. Jembatan Semanggi
5. Monumen Nasional (monas)
6. Gedung DPR/MPRRI

– KONTROVERSI PROYEK MERCUSUAR

Semua pembangunan dalam Proyek Mercusuar ini membuat beban anggaran sangat melonjak. Akibatnya, terjadi krisis ekonomi di masa kepemimpinan Soekarno. Kebutuhan sehari-hari sulit dipenuhi dan inflasi juga meningkat tajam. Kendati demikian, Soekarno tetap melanjutkan Proyek Mercusuarnya untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara yang besar.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment