Sebutkan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia menurut beberapa pendapat para ahli

Sebutkan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia menurut beberapa pendapat para ahli !

Jawaban

Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia menurut beberapa pendapat para ahli, yaitu: Menurut Mohammad Ali bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol. Memurut Prof. H. Kroom asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah, karena pada daerah tersebut terdapat sumber-sumber sungai besar.

Menurut Moh Yamin, nenek moyang bangsa indonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri sedangkan Prof. Dr. H. Kern berpendapat bahwa orang Indonesia berasal dari daratan Asia.

Pembahasan.

Indonesia adalah bangsa yang memiliki keberagaman yang sangat banyak dan unik, terdapat lebih dari 300 etnis atau suku bangsa yang mendiami berbagai pulau di Indonesia. Mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia biasanya akan didasarkan pada dua hal, pertama adalah dasar atas kesamaan bentuk fisik dan yang kedua adalah kesamaan dari akar bahasa yang digunakan. Tiap ahli juga memiliki alasan kuat yang mendasari teori yang mereka kemukakan.

  1. Teori dari Drs. Moh. Ali (Teori Yunani). Ia berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol yang terdesak oleh bangsa yang lebih kuat sehingga melakukan migrasi ke Selatan. R H Geldern dan J H C Kern juga mendukung teori ini dengan bukti adanya kapak tua di wilayah bangsa Nusantara yang memiliki kemiripan dengan kapak tua yang ada di Asia Tengah.
  2. Teori dari Prof. Dr. H. Kern. Ia berpendapat bahwa orang Indonesia berasal dari daratan Asia. Dasar dari pendapat beliau adalah pada kesamaan bahasa yang digunakan. Menurutnya orang yang hidup di wilayah Indonesia, Polinesia, Melanesia dan Mikronesia memiliki kemiripan bahasa, yakni bersumber dari rumpun Austronesia (berasal dari Austria).
  3. Memurut Prof. H. Kroom asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah, karena pada daerah tersebut terdapat sumber-sumber sungai besar dan Mereka kemudian menyebar ke Indonesia sekitar tahun 2000-1500 SM.
  4. Teori dari Prof. Mohammad Yamin. Menurut Moh Yamin, nenek moyang bangsa indonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri, bukan dari daerah lain. Pendapat ini didukung alasan bahwa fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap ditemukan di wilayah Indonesia dibandingkan dengan daerah lainnya di Asia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment