Praktek kolonialisme dan Imperialisme yang dilakukan oleh Belanda Indonesia dalam bidang ekonomi memunculkan berbagai respon perlawanan dari Bangsa Indonesia

Praktek kolonialisme dan Imperialisme yang dilakukan oleh Belanda Indonesia dalam bidang ekonomi memunculkan berbagai respon perlawanan dari Bangsa Indonesia dalam bentuk penyelundupan, sabotase, penyerangan dari para penguasa di nusantarra terhadap Belanda (Khususnya VOC), secara mendasar, bentuk kolonialisasi dan imperialisme yang paling ditentang para penguasa di Indonesia di bidang ekonomi adalah…

A. Pembangunan jalan raya pos
B. Politik adu domba
C. Praktek tanam paksa
D. Monopoli perdagangan

Jawaban

Jadi jawaban yang tepat adalah D.

Untuk lebih jelasnya, pahamilah penjelasan berikut ini.

Kolonialisme adalah upaya suatu negara untuk memperluas, mengembangkan atau menguasai suatu wilayah di luar wilayah negara tersebut, biasanya dilakukan dengan cara paksa untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya bagi negara induk. Tujuan kolonialisme pada umumnya adalah untuk mencari sumber ekonomi seperti sumber daya alam, atau tenaga kerja sehingga wilayah koloni biasanya memiliki bahan mentah yang banyak.

Di Indonesia, kolonialisme dan imperialisme terjadi bersama-sama dan sulit dibedakan ketika bangsa-bangsa Eropa menjajah Indonesia. Banyak dampak yang terjadi sebagai akibat dari kolonialisme dan imperialisme, seperti di bidang ekonomi antara lain:

  1. Kebijakan Tanam Paksa menyebabkan Indonesia mengenal tanaman-tanaman yang merupakan komoditas ekspor yang laku di pasar internasional, yang sebelumnya tidak ditanam di Indonesia.
  2. Petani di pedalaman yang sebelumnya lebih banyak menggunakan sistem barter untuk kegiatan ekonominya, berubah menjadi mengenal uang.
  3. Pembangunan waduk dan irigasi untuk mendukung kegiatan pertanian tanaman ekspor.
  4. Pembangunan rel kereta api, jalan, jembatan, dan pelabuhan untuk mempermudah dan mempercepat perdagangan dan pengangkutan hasil pertanian untuk selanjutnya diekspor.
  5. Perkenalan sistem sewa tanah.. Perkenalan program transmigrasi karena berkembangnya pesatnya perkebunan di Sumatera namun tenaga kerjanya tidak mencukupi.
  6. Monopoli dagang oleh penjajah menyebabkan perdagangan oleh negeri-negeri asli nusantara di kancah internasional mengalami penurunan tajam
  7. Politik pintu terbuka menyebabkan pengusaha pribumi yang bermodal kecil kalah bersaing dengan pengusaha bermodal besar yang umumnya berasal dari Eropa.

Originally posted 2022-05-26 17:20:29.

Leave a Comment