Sejarawan dapat menyusun peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi kisah yang menarik

Sejarawan dapat menyusun peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi kisah yang menarik, berdasarkan……

a. Jejak-jejak yang ditinggalkan
b. Imajinasi si penulis
C. Ramalan para tokoh-tokoh sejarawan
d. Sumber-sumber benda pada masa lampau
e. Kritik dan interpretasi penulis

Jawaban

Jadi jawaban yang tepat adalah D.

Untuk lebih jelasnya, pahamilah penjelasan berikut ini.

Sumber sejarah adalah kumpulan hasil kebudayaan baik bersifat fisik (artefak), lisan, maupun audio-visual untuk membuktikan suatu peristiwa sejarah. Sumber sejarah berisi jejak masa lampau mengenai informasi tentang masa lampau. Data adalah informasi yang masih belum diuji kebenarannya. Data dapat dijadikan sebagai dasar bagi analisis dan interpretasi peneliti.

Informasi-informasi sejarah yang terdapat dalam data disebut sumber sejarah. Sumber sejarah dapat dikategorikan menjadi dua, yakni sumber sejarah berdasarkan sifat atau kedudukannya dan sumber sejarah berdasarkan bentuknya. Berdasarkan sifat atau kedudukannya, sumber sejarah dibagi menjadi dua, yakni sumber primer dan sumber sekunder. Sementara berdasarkan bentuknya, sumber sejarah dibagi menjadi sumber tulisan, sumber lisan dan sumber benda (artefak).

Sumber lisan, yaitu keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami peristiwa sejarah tersebut. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami langsung peristiwa tersebut, sumber lisan juga bisa diperoleh dari kerabat atau orang lain yang mengetahui peristiwa tersebut secara rinci. Sumber tulisan, yang merupakan keterangan tertulis berupa catatan yang berasal dari suatu peristiwa sejarah, misalnya prasasti, dokumen, piagam, naskah, surat kabar, dan laporan.

Sumber benda, yaitu benda-benda yang berasal dari suatu zaman atau peristiwa tertentu, misalnya bangunan, senjata, perkakas dari batu, patung, perhiasan, dan candi.

Originally posted 2022-05-26 17:17:29.

Leave a Comment