Dampak politik , sosial , ekonomi, dan budaya serta pendidikan di Indonesia PD massa kolonial

Dampak politik , sosial , ekonomi, dan budaya serta pendidikan di Indonesia PD massa kolonial

Jawaban

Dampak Bidang Politik

Bangsa Eropa membuat sistem pemerintahan di Indonesia berubah.

Pada saat penjajahan bangsa-bangsa Eropa, banyak kerajaan di Indonesia yang kehilangan wilayahnya yang dikarenakan oleh semakin kuatnya pengaruh bangsa Eropa di Indonesia. Berikut adalah pengaruh kolonialisme terhadap pemerintahan kerajaan :

1.Pemerintah kolonial ikut campur tangan dalam pemerintahan Kerajaan.
2.Kedudukan raja terikat oleh struktur pemerintahan kolonial.

Dari adanya dampak tersebut, khususnya setelah perjuangan 1908 muncul kaum terpelajar di Indonesia yang bersatu melawan bangsa Eropa, khususnya Belanda sehingga Bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaannya dan membuat sistem pemerintahan presidensial, karena dikhawatirkan jika pemerintahan tetap menjadikan raja sebagai pemimpin akan terjadi pemusatan kekuasaan dan jika raja kembali dipengaruhi oleh politik bangsa Eropa, maka Indonesia akan kembali jatuh.

Dampak Bidang Sosial Budaya

Di bidang sosial Bangsa Eropa membuat sistem sosial di Indonesia berubah.
Saat awal kedatangan Bangsa Eropa dan ketika belum diberlakukannya politik etis, seketika bangsa Eropa merubah sistem sosial Indonesia dimana terdapat tiga golongan, yaitu :

1.Masyarakat kalangan bawah, yaitu meliputi : kaum buruh, pedagang, petukang, dan pekerja rendah lainnya.
2.Masyarakat kalangan menengah, yaitu meliputi : petani yang memiliki tanah dan para pegawai pemerintahan kolonial Belanda.
3.Masyarakat kalangan atas, yaitu meliputi : Pemuka agama dan para Bangsawan.

Namun, setelah adanya politik etis, maka semakin banyak muncul kaum pelajar yang kemudian menggantikan peran para Bangsawan untuk menggerakkan Indonesia ke yang lebih baik.

Di bidang budaya, masyarakat Eropa membuat bangsa Indonesia meniru model- model Eropa baik baju ataupun rambut.
Dari zaman dahulu hingga zaman sekarang, bangsa Eropa masih mempengaruhi model- model penampilan orang Indonesia. Namun, di kehidupan yang sekarang masyarakat seharusnya sudah dapat menyaring mana model yang sesuai dengan kepribadian Indonesia dan mana yang tidak sesuai.

Dampak Bidang Ekonomi

Di bidang Pengusaha Pribumi
Pemerintah kolonial yang berkuasa berkuasa membuat para pengusaha pribumi menjadi aparatur pemerintah kolonial dan tidak lagi mendapatkan penghasilan dan upeti seperti sebelumnya. Pendapatan mereka diganti dengan gaji menurut ketentuan pemerintah kolonial, akibatnya penghasilan mereka menurun drastis dari sebelumnya. Sampai saat ini pun kadangkala Eropa tetap menjadi kunci permainan dagang dunia, karena Eropa telah menyatukan diri dalam Uni Eropa.

Nasib di Bidang Pertanian
Pada zaman itu, petani memang disuruh untuk menanam komoditas Belanda yang diupah dengan harga yang sangat murah sehingga petani semakin miskin. Namun setelah adanya politik etis, Belanda membuatkan saluran irigasi untuk pengairan sawah. Dampaknya bagi saat ini adalah kita mendapatkan transfer teknologi pertanian yang lebih modern dari Eropa.

Dampak Bidang Pendidikan

Bangsa Eropa khususnya Belanda membuat banyaknya muncul kaum terpelajar. Dengan kata lain kaum terpelajar ini memiliki pengaruh yang lebih besar dari kaum bangsawan andalan / yang terpengaruh Belanda. Sehingga, perjuangan kaum terpelajar lebih diikuti dan dipercaya pada zaman itu dapat membebaskan dari penjajahan. Hal ini tidak lepas dari politik etis yang diterapkan Belanda.

Originally posted 2022-05-24 20:41:55.

Leave a Comment