Apa saja peninggalan peradaban Mesopotamia dalam segi ilmu pengetahuan

Apa saja peninggalan peradaban Mesopotamia dalam segi ilmu pengetahuan

Jawaban

Hasil Peninggalan Peradaban Mesopotamia

1. Peninggalan di bidang arsitektur

Salah satu peninggalan peradaban mesopotamia yang sangat mencolok adalah peninggalan sejarah dari segi arsitektur, Hampir semua orang dari bangsa sumeria membangun kotanya menggunakan aturan aturan perkotaan yang sangat terencana, umumnya mereka membuat bangunan dari tanah liat dan batu bata.

Selain itu, ditemukannya ziggurat juga menandai peninggalan peradaban mesopotamia di bidang arsitektur. Ziggurat sendiri merupakan sebuah menara yang terdiri dari beberapa tingka yang dibuat oleh bangsa babilonia kuno. Ziggurat yang paling terkenal hingga saat ini ialah menara barbel yang memiliki ketinggian hingga 90 meter. Fungsi dari bangunan ini adalah untuk menambah keindahan kota serta menjadi mercusuar bagi pedagang sekitar yang hendak menuju ke kota babilonia.

Selain itu, peinggalan mesopotamia yang sangat menarik terkait arsitektur ialah pembuatan taman gantung. Taman ini dibuat pada era babilonia baru, dibawah kepemimpinan raja bangsa khaldea. Sebagai peninggalan sejarah, taman ini dibuat menyerupai taman yang sedang menggantung jika dilihat dari kejauhan.

Taman gantung ini memiliki bentuk menyerupai podium yang ditanami pepohonan, rumput, hingga bunga bungan dan berdiri diatas bukit buatan. Selain itu, terdapat aliran air terjun buatan yang berasal dari sungai Eufrat yang membuat taman ini menjadi lebih indah pada masanya. Sebagai tambahan, peninggalan peradaban mesopotamia ini dipersembahkan raja babilonia kepada istrinya.

2. Peninggalan di bidang kebudayaan

Salah satu hasil budaya mesopotamia adalah penggunaan bahasa komunikasi, bangsa sumeria umumnya menggunakan abjad berupa huruf paku. Hal ini diperkuat dengan temuan prasasti yang berisi tata aturan, hukum, serta undang undang yang mengatur kerajaan yang seluruh bahasanya menggunan huruf paku.

3. Peninggalan di bidang ilmu pengetahuan

Peninggalan peradaban mesopotamia yang tidak kalah hebat dari bangsa lain adalah di bidang ilmu pengetahuannya. Bangsa khaldea merupakan salah satu bangsa yang pada saat itu telah mengembangkan astronomi dan astrologi. Mereka percaya bahwa bintang bintang dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Masih pada bidang ilmu pengetahuan, bangsa sumeria juga memiliki peninggalan yang masih kita terapkan hingga saat ini yaitu sistem kalender atau penanggalan. Mereka mampu membagi minggu menjadi tujuh hari, dan satu hari menjadi duabelas jam secara ganda (12 jam siang, 12 jam malam). Selain itu, bangsa sumeria juga menggunakan sistem kalender tahunan yang setiap tahunnya terdiri dari 360 hari. Inilah yang menjadi peninggalan peradaban mesopotamia yang masih tetap kita terapkan.

Lain halnya dengan bangsa sumeria, bangsa assyria memberikan peninggalan sejarah berupa perpustakaan tertua di dunia yakni perpustakaan niniveh. Perpustakaan ini menyimpan berbagai buku buku pengetahuan yang berbentuk lempengan tanah liat. Selain itu, bangsa assyria lah yang telah menyempurnakan huruf paku setelah disederhanakan oleh bangsa persia. Kerajaan assyria juga telah menemukan berbagai obat obatan dan mengembangkan ilmu kedokteran. Hal ini ditandai dengan budaya mereka yang lebih mementingkan kesehatan para tentaranya.

4. Sistem kalendar

Sistem penanggalan yang kita gunakan sekarang sangat dipengaruhi oleh peradaban mesopotamia. Di Mesopotamia pertama kali dilakukan pembagian 1 tahun menjadi 365 hari, atau 12 bulan. Kemudian hari ini dibagi dalam sistem minggu menjadi 7 hari dalam seminggu. Satu hari kemudian dibagi menjadi 24 jam sehari, dan tiap jam dibagi menjadi 60 menit, dengan 1 menit setara dengan 60 detik.

Pembagian dengan kelipatan 6 (24, 12, dan 60) ini dilakuakn oleh ilmuwan Mesopotapia untuk memudahkan perhitungan dan pembagian.

5. Busana

Kaftan adalah baju yang terbuat dari kain-kain longgar yang dibuat sesuai dengan kondisi Mesopotamia yangterik dan panas. Kaftan merupakan satu warisan Peradaban Mesopotamia yang muncul sejak sekitar 4000 tahun yang lalu dan menjadi bentuk dasar bagi bentuk dan model pakaian khas masyarakat Timur Tengah hingga saat ini.

6. Irigasi di sugai Eufrat dan Tigris

Pertumbuhan peradaban ini ditunjang oleh kedua sungai yang sangat subur, sehingga menunjang pertanian dan peradaban yang kompleks. Hal ini semakin ditunjang dengan adanya irigasi agar air dapat didistribusikan ke wilayah yang jauh dari sungai. Perawatan irigasi agar tidak dangkal akibat sedimentasi dan pembagian air yang adil mendorong terbentuknya pemerintahan pertama di Mesopotamia.

7. Sistem penulisan cuneiform

Di Sumeria, sistem tulis menulis berupa Cuneiform atau tulisan garis di lempengan tanah liat mulai dikembangkan pada akhir millennium ke 4 sebelum Masehi (sekitar tahun 3500-3000 SM).

Sistem ini digunakan untuk mencatat pesan, transaksi, hukum dan ajaran agama, dalam medium tablet tanah liat.

Leave a Comment