Jelaskan ras pertama diindonesia menurut sarasin

Jelaskan ras pertama diindonesia menurut sarasin

Jawaban

Fritz Sarasin dan Paul Sarasin, yang merupakan saudara sepupu sehingga sering disebut Sarasin bersaudara, adalah naturalis dan etnolog yang berasal dari Swiss. Mereka pernah mengemukakan teori mengenai nenek moyang dan penduduk asli Bangsa Indonesia

Pembahasan

Paul dan Fritz Sarasin mengemukakan bahwa penduduk asli Indonesia adalah ras yang berkulit gelap dan bertubuh kecil, dan turunan dari ras asli ini dinamakan orang Vedda, diambil dari nama salah satu suku yang terkenal di Srilanka.

Orang Vedda pada mulanya tinggal di Asia bagian tenggara. Pada akhir zaman es, Laut Cina Selatan dan Laut Jawa terbentuk akibat dari mencairnya es dan naiknya air laut sehingga memisahkan daratan utama dengan kepulauan vulkanik Indonesia.

Hal ini menyebabkan manusia yang saat itu bermukim di kepulauan Indonesia terpisah dari daratan utama Asia bagian tenggara, dan akhirnya tinggal di daerah pedalaman, sedangkan daerah pantai ditinggali oleh pendatang. Oleh Sarasin bersaudara, suku asli ini disebut suku bangsa Vedda, dan ras yang termasuk dalam bangsa ini adalah Miaotse dan Yao-Jen di China, Hieng di Kamboja, dan Senoi di Semenanjung Malaya.

Di Indonesia, beberapa suku seperti Lubu, Kubu dan Talang Mamak yang tinggal di Sumatera serta suku Toala yang tinggal di Sulawesi merupakan penduduk tertua di Nusantara dan memiliki keterkaitan erat dengan orang Vedda yang saat ini masih ada di Asia Selatan, Afrika dan Oseania.

Kesimpulan
Menurut pendapat Sarasin bersaudara, penduduk asli kepulauan indonesia adalah ras yang berkulit gelap dan bertubuh kecil,dan berasal dari daratan utama Asia di bagian tenggara.

Leave a Comment