pengaruh islam dalam bidang kesenian yang dapat mempercepat dalam proses π™žπ™¨π™‘π™–π™’π™žπ™¨π™–π™¨π™ž adalah

masuknya islam telah membawa pengaruh yang sangat besar bagi bangsa indonesia. pengaruh islam dalam bidang kesenian yang dapat mempercepat dalam proses π™žπ™¨π™‘π™–π™’π™žπ™¨π™–π™¨π™ž adalah

Jawaban

Pengaruh Islam dalam bidang kesenian yang dapat mempercepat dalam proses Islamisasi adalah dengan adanya kesenian wayang yang diselipkan ajaran-ajaran Islam serta dengan adanya karya sastra seperti suluk, dan alat musik bonang.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Indonesia ialah merupakan salah satu negara dengan penganut Islam terbanyak dibandingkan lainnya. Pengaruh Islam yang dibawa baik oleh para pedagang maupun pihak lainnya dapat diterima sangat baik oleh masyarakat Nusantara yang masih menganut Hindu dan Buddha bahkan kepercayaan setempat. Islam mencapai tataran yang sangat baik pada abad ke-7 karena menurut beberapa sumber, pengaruh Islam mulai masuk ke Nusantara.

Lalu dalam proses yang sangat panjang, maka pengaruh Islam mencapai puncaknya ialah pada abad ke-12 hingga 13 M ketika dakwah mulai menyebar di beberapa wilayah di Nusantara. Pengaruh Islam dibawa secara damai, sehingga masyarakat saat itu dengan mudah masuk ajaran Muhammad ini. Salah satunya ialah dengan melalui kesenian.

Perkembangan Islam melalui pendekatan kesenian sebagai upaya penyebaran dengan cara yang lebih menghibur namun diselipkan ajaran-ajaran Islam. Hal tersebut dilakukan oleh Walisongo yakni Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga menggunakan media wayang sebagai cara mendakwahkan ajaran Islam. Begitupun dengan Sunan Bonang dimana menggunakan seni sastra seperti suluk, lagu dan juga alat musik bonang.

Dengan demikian, pengaruh Islam dalam bidang kesenian yang dapat mempercepat dalam proses Islamisasi adalah dengan adanya kesenian wayang yang diselipkan ajaran-ajaran Islam serta dengan adanya karya sastra seperti suluk, dan alat musik bonang.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment