Depolitisasi parpol dan ormas dilakukan oleh pemerintahan Orde melalui

Depolitisasi parpol dan ormas dilakukan oleh pemerintahan Orde melalui ….

A. Penyeragaman kelembagaan
B. Penyeragaman tujuan
C. Indoktrinasi
D. Pendidikan
E. Penyeragaman ideologis

Jawaban

Jawaban yang benar adalah E.

Pada masa Orde Baru, pemerintah melakukan depolitisasi partai politik dan ormas dalam rangka menciptakan stabilitas nasional. Depolitisasi tersebut dilakukan dengan cara penyeragaman ideologis (Pancasila). Gagasan penyeragaman ideologi Pancasila disampaikan oleh Presiden Soeharto dalam acara Hari Ulang Tahun ke-25 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 19 Desember 1974.

Kemudian pada 12 Agustus 1976, Presiden Soeharto menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar berikrar pada diri sendiri mewujudkan Pancasila dan mengajukan Eka Prasetya bagi ikrar tersebut. Presiden Soeharto mengajukan nama Eka Prasetya dengan maksud menegaskan bahwa penyusunan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) dipandang sebagai janji yang teguh, kuat, konsisten, serta tulus.

Presiden Soeharto selanjutnya mengajukan P4 kepada MPR dan selanjutnya disahkan sebagai TAP MPR No. II/1978. Upaya depolitisi partai politik juga dilakukan dengan peleburan sejumlah partai politik menjadi 3, yakni PDI, PPP, dan Golkar.

Originally posted 2022-05-28 20:39:09.

Leave a Comment