Bagaimana Mengetahui Kapan Harus Menjual Saham Anda

Ketika datang untuk berinvestasi, banyak investor pertama kali ingin langsung terjun dengan kedua kaki. Sayangnya, sangat sedikit dari investor tersebut yang berhasil. Berinvestasi dalam apa pun membutuhkan beberapa tingkat keterampilan. Penting untuk diingat bahwa hanya sedikit investasi yang pasti – ada risiko kehilangan uang Anda!

Sebelum Anda terjun langsung, lebih baik untuk tidak hanya mencari tahu lebih banyak tentang investasi dan cara kerjanya, tetapi juga untuk menentukan apa tujuan Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan investasi Anda? Apakah Anda akan mendanai pendidikan perguruan tinggi? Membeli rumah? Pensiun? Sebelum Anda menginvestasikan satu sen pun, pikirkan benar-benar tentang apa yang ingin Anda capai dengan investasi itu. Mengetahui apa tujuan Anda akan membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih cerdas di sepanjang jalan!

Terlalu sering, orang menginvestasikan uang dengan impian menjadi kaya dalam semalam. Ini mungkin – tetapi juga jarang. Biasanya merupakan ide yang sangat buruk untuk mulai berinvestasi dengan harapan menjadi kaya dalam semalam.

Lebih aman untuk menginvestasikan uang Anda sedemikian rupa sehingga akan tumbuh perlahan seiring waktu, dan digunakan untuk masa pensiun atau pendidikan anak. Namun, jika tujuan investasi Anda adalah untuk menjadi kaya dengan cepat, Anda harus belajar sebanyak mungkin tentang investasi hasil tinggi dan jangka pendek sebelum Anda berinvestasi.

Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk berbicara dengan perencana keuangan sebelum melakukan investasi apa pun. Perencana keuangan Anda dapat membantu Anda menentukan jenis investasi apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan keuangan yang telah Anda tetapkan. Dia dapat memberi Anda informasi yang realistis tentang pengembalian seperti apa yang dapat Anda harapkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan spesifik Anda.

Sekali lagi, ingatlah bahwa berinvestasi membutuhkan lebih dari sekadar menelepon broker dan memberi tahu mereka bahwa Anda ingin membeli saham atau obligasi. Dibutuhkan sejumlah penelitian dan pengetahuan tentang pasar jika Anda ingin berinvestasi dengan sukses.

Bagaimana Mengetahui Kapan Harus Menjual Saham Anda

Sementara cukup banyak waktu dan penelitian dilakukan untuk memilih saham, seringkali sulit untuk mengetahui kapan harus menarik diri – terutama untuk investor pertama kali. Kabar baiknya adalah jika Anda telah memilih saham dengan hati-hati, Anda tidak perlu menarik diri untuk waktu yang lama, seperti saat Anda siap untuk pensiun. Tetapi ada beberapa contoh khusus ketika Anda perlu menjual saham Anda sebelum Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa waktu untuk menjual adalah saat nilai saham akan turun – dan Anda bahkan mungkin disarankan oleh broker Anda untuk melakukan ini. Tapi ini belum tentu tindakan yang tepat.

Saham naik dan turun sepanjang waktu, bergantung pada ekonomi… dan tentu saja ekonomi juga bergantung pada pasar saham. Inilah sebabnya mengapa sangat sulit untuk menentukan apakah Anda harus menjual saham Anda atau tidak. Saham turun, tetapi mereka juga cenderung naik kembali.

Anda harus melakukan lebih banyak penelitian, dan Anda harus mengikuti stabilitas perusahaan tempat Anda berinvestasi. Perubahan dalam perusahaan berdampak besar pada nilai saham. Misalnya, CEO baru dapat memengaruhi nilai saham. Sebuah anjlok di industri dapat mempengaruhi saham. Banyak hal – semuanya digabungkan – memengaruhi nilai saham. Tapi sebenarnya hanya ada tiga alasan bagus untuk menjual saham.

Alasan pertama adalah telah mencapai tujuan keuangan Anda. Setelah Anda mencapai masa pensiun, Anda mungkin ingin menjual saham Anda dan menaruh uang Anda di sarana keuangan yang lebih aman, seperti rekening tabungan.

Ini adalah praktik umum bagi mereka yang telah berinvestasi untuk membiayai masa pensiun mereka. Alasan kedua untuk menjual saham adalah jika ada perubahan besar dalam bisnis yang Anda investasikan yang menyebabkan, atau akan menyebabkan, nilai saham turun, dengan sedikit atau tidak ada kemungkinan nilainya naik lagi. Idealnya, Anda akan menjual saham Anda dalam situasi ini sebelum nilainya mulai turun.

Jika nilai saham melonjak, inilah alasan ketiga Anda mungkin ingin menjual. Jika saham Anda bernilai $100 per saham hari ini, tetapi secara drastis naik menjadi $200 per saham minggu depan, ini adalah waktu yang tepat untuk menjual – terutama jika prospeknya adalah bahwa nilainya akan segera turun kembali menjadi $100 per saham. Anda akan menjual saat saham bernilai $200 per saham.

Sebagai pemula, Anda pasti ingin berkonsultasi dengan broker atau penasihat keuangan sebelum membeli atau menjual saham. Mereka akan bekerja dengan Anda untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Leave a Comment