Pada naskah proklamani kemerdekaan terdapat kata pemindahan bukan penyerahan apa wakna yang terkandung pada kata tersebut. jelaskan

Pada naskah proklamani kemerdekaan terdapat kata pemindahan bukan penyerahan apa wakna yang terkandung pada kata tersebut. jelaskan !

Jawaban

Jawabannya adalah bahwa kemerdekaan yang dinyatakan itu merupakan hak dari bangsa Indonesia. Kata “pemindahan” ini merupakan sebuah tindakan sepihak bangsa Indonesia untuk menyatakan dengan tegas kemerdekaan Indonesia tanpa memerlukan persetujuan dari siapapun, khususnya penjajah.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno. Di belakangnya, berdiri Mohammad Hatta, Fatmawati, dan tokoh-tokoh lainnya. Adapun konsep proklamasi kemerdekaan memiliki 2 pokok pikiran sebagai berikut.

1. Keinginan Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri. Kalimat pertama yang dibacakan oleh Soekarno itu, berasal dari ide pikiran Achmad Soebardjo. Kalimat ini memiliki makna yang menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia, mencerminkan kuatnya keyakinan untuk terlepas dari penjajahan.

2. Pemindahan kekuasaan.
Kalimat kedua yakni pemindahan kekuasaan merupakan ide pikiran Mohammad Hatta. Kata “pemindahan” bermaksud untuk memberitahukan tentang konsekuensi logis dari kalimat pertama, bahwa kemerdekaan yang dinyatakan itu merupakan hak dari bangsa Indonesia.

Kata “pemindahan” ini merupakan sebuah tindakan sepihak bangsa Indonesia untuk menyatakan dengan tegas kemerdekaan Indonesia tanpa memerlukan persetujuan dari siapapun, khususnya penjajah.

Dengan demikian, makna kata “pemindahan” yaitu bahwa kemerdekaan yang dinyatakan itu merupakan hak dari bangsa Indonesia. Kata “pemindahan” ini merupakan sebuah tindakan sepihak bangsa Indonesia untuk menyatakan dengan tegas kemerdekaan Indonesia tanpa memerlukan persetujuan dari siapapun, khususnya penjajah.

Leave a Comment